Thursday 12 June 2014

KETERAMPILAN-KETERAMPILAN (HAL-HAL) YANG HARUS DIMILIKI OLEH SEORANG GURU (WAJIB BACA BUAT CALON GURU MASA DEPAN) MicroTheaching

ASSALAMUALAIKUM TEMAN-TEMAN....
            Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengetahuan tetang PPL 1/microteaching saya yang saya pelajari pada semester 6... yah... kyak kuliah belajar jadi guru gitu....
         
Kali ini saya akan mengajak teman-teman untuk mengetahui apa-apa saja keterampilan yang seharusnya dimiliki oleh seorang guru jika berada dalam kelas atau lagi ngajar gitu....
Berikut ini adalah 8 keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang guru, yakni:
1.      Keterampilan Membuka Dan Menutup Pelajaran
Keterampilan membuka pelajaran disini yakni kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk menciptakan suasana siap mental dan menimbulkan perhatian siswa agar terpusat pada hal-hal yang akan dipelajari.
      Sedangkan menutup pelajaran disini adalah kegiatan yang dilakukan guru untuk mengakhiri kegiatan inti pelajaran, kegiatan ini dilakukan guna memberi gambaran kepada siswa tentang keseluruhan apa yang telah dipelajari.
2.    Ketarampilan Bertanya Dasar Dan Lanjut
      Dalam proses pembelajaran tujuan pertanyaan yang diajukan oleh guru ialah agar siswa belajar, yaitu memperoleh pengetahuan dan meningkatkan kemampuan berpikirnya. Pemakaian keterampilan ini bertujuan agar timbul perubahan sikap pada siswa dan guru kearah yang lebih positif.
3.    Keterampilan Memberi Penguatan
      Penguatan adalah respons terhadap suatu tingkah laku yang dapat meningkatkan , kemungkinan berulangnya kembali tingkah laku siswa, yang antara lain dinyatakan dalam bentuk kata-kata membenarkan, kata-kata pujian, senyuman ataupun anggukan.
4.    Keterampilan Menjelaskan
      Suatu penjelasan adalah penyajian informasi lisan yang diorganisasikan secara sistematik yang bertujuan untuk menunjukkan hubungan, misalnya antara sebab akibat, yang berlaku umum dengan bukti atau contoh sehari-hari.
5.    Keterampilan Mengadakan Variasi
      Variasi dalam kegiatan belajar-mengajar dimaksudkan sebagai proses perubahan dalam pengajaran, yang dapat dikelompokkan kedalam 3 kelompok, yaitu: (1) variasi dalam gaya mengajar, (2) variasi dalam pemakaian alat dan media pengajaran dan (3) variasi dalam pola interaksi dalam kelas.
6.    Keterampilan Mengelola Kelas
Yang dimaksud keterampilan mengolah kelas adalah keterampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan keterampilan untuk mengembalikan kondisi belajar yang optimal, apabila terdapat gangguan-gangguan yang kecil maupun yang berkelanjutan.
7.    Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil Dan Perseorangan
Pengajaran kelompok kecil dan perseorangan memungkinkan guru memberikan perhatian terhadap setiap siswa, serta terjadinya hubungan yang lebih akrab antara guru dan siswa, amupun antar sesama siswa.
8.    Keterampilan Memimpin Diskusi Kelompok Kecil
Keterampilan memimpin diskusi kelompok kecil dalam proses belajar-mengajar dikaitakan dengan usaha peningkatan kadar CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) ynag membawa perubahan besar dalam peran guru dalam peroses pembelajaran.

            Itulah keterampilan-keterampilan yang semestinya dimiliki oleh seorang guru, tapi tidak mustahil guru memiliki keterampilan diluar dari yang saya sebutkan di atas.
            Mungkin cukup ini saja yang dapat saya share pada postingan kali ini.... makasih sebelimnya sudah mau mampir di blog saya... lebih dan kurangnya mohon dimaafkan jikalau ada yang ingin d pertanyakan jangan sungkan-sungkan memberi  komentar ataupun begabung di fanpage blog saya...
sekian darii saya
ASSALAMUALAIKUM...
SALAM 125cc.....

No comments: