Pada kesempatan kali ini saya
akan berbagi pengetahuan tetang PPL 1/microteaching saya yang saya pelajari
pada semester 6... yah... kyak kuliah belajar jadi guru gitu....
Kali ini saya akan mengajak
teman-teman untuk mengetahui apa-apa saja keterampilan yang seharusnya dimiliki
oleh seorang guru jika berada dalam kelas atau lagi ngajar gitu....
1. Keterampilan Membuka Dan Menutup Pelajaran
Keterampilan
membuka pelajaran disini yakni kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk
menciptakan suasana siap mental dan menimbulkan perhatian siswa agar terpusat
pada hal-hal yang akan dipelajari.
Sedangkan menutup pelajaran disini adalah kegiatan yang dilakukan
guru untuk mengakhiri kegiatan inti pelajaran, kegiatan ini dilakukan guna
memberi gambaran kepada siswa tentang keseluruhan apa yang telah dipelajari.
2. Ketarampilan Bertanya Dasar Dan Lanjut
Dalam proses pembelajaran tujuan pertanyaan yang diajukan oleh
guru ialah agar siswa belajar, yaitu memperoleh pengetahuan dan meningkatkan
kemampuan berpikirnya. Pemakaian keterampilan ini bertujuan agar timbul
perubahan sikap pada siswa dan guru kearah yang lebih positif.
3. Keterampilan Memberi Penguatan
Penguatan adalah respons terhadap suatu tingkah laku yang dapat
meningkatkan , kemungkinan berulangnya kembali tingkah laku siswa, yang antara
lain dinyatakan dalam bentuk kata-kata membenarkan, kata-kata pujian, senyuman
ataupun anggukan.
4. Keterampilan Menjelaskan
Suatu penjelasan adalah penyajian informasi lisan yang
diorganisasikan secara sistematik yang bertujuan untuk menunjukkan hubungan,
misalnya antara sebab akibat, yang berlaku umum dengan bukti atau contoh
sehari-hari.
5. Keterampilan Mengadakan Variasi
Variasi dalam kegiatan belajar-mengajar dimaksudkan sebagai
proses perubahan dalam pengajaran, yang dapat dikelompokkan kedalam 3 kelompok,
yaitu: (1) variasi dalam gaya mengajar, (2) variasi dalam pemakaian alat dan
media pengajaran dan (3) variasi dalam pola interaksi dalam kelas.
6. Keterampilan Mengelola Kelas
Yang
dimaksud keterampilan mengolah kelas adalah keterampilan guru untuk menciptakan
dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan keterampilan untuk
mengembalikan kondisi belajar yang optimal, apabila terdapat gangguan-gangguan
yang kecil maupun yang berkelanjutan.
7. Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil Dan
Perseorangan
Pengajaran
kelompok kecil dan perseorangan memungkinkan guru memberikan perhatian terhadap
setiap siswa, serta terjadinya hubungan yang lebih akrab antara guru dan siswa,
amupun antar sesama siswa.
8. Keterampilan Memimpin Diskusi Kelompok
Kecil
Keterampilan
memimpin diskusi kelompok kecil dalam proses belajar-mengajar dikaitakan dengan
usaha peningkatan kadar CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) ynag membawa perubahan
besar dalam peran guru dalam peroses pembelajaran.
Itulah
keterampilan-keterampilan yang semestinya dimiliki oleh seorang guru, tapi
tidak mustahil guru memiliki keterampilan diluar dari yang saya sebutkan di
atas.
Mungkin
cukup ini saja yang dapat saya share pada postingan kali ini.... makasih
sebelimnya sudah mau mampir di blog saya... lebih dan kurangnya mohon dimaafkan
jikalau ada yang ingin d pertanyakan jangan sungkan-sungkan memberi komentar ataupun begabung di fanpage blog
saya...
sekian darii saya
sekian darii saya
ASSALAMUALAIKUM...
SALAM 125cc.....
No comments:
Post a Comment