Monday 24 March 2014

Mata Kuliah Anggaran (Budgeting) - Anggaran Operasi, Anggaran Lain-lain dan Penyusunan Anggaran

Bismillahirrahmanirrahim…

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…

Pada kesempatan ini kami akan membagikan sedikit materi berupa Materi Mata Kuliah Anggaran (Budgeting) - Anggaran Opeerasi, Anggaran Lain-lain dan Penyusunan Anggaran...
Semoga Bermanfaat.. Selamat membaca...

Kategori anggaran operasi
Dalam organisasi yang relatif kecil,terutama yang tidak mempunyai unit bisnis,keseluruhan anggaran mungkin hanya setebal satu halaman saja.Sedangkan pada organisasi yang lebih besar,ada halaman ringkasan dan halaman-halaman lain yang berisis rincian dari unit bisnis,ditambah penelitian dan pengembangan,serta beban umum dan administratif.Pos-pos pendapatan disusun pertama kali,karena merupakan pos pertama dalam laporan laba rugi maupun juga karena jumlah anggaran pendapatan mempengaruhi jumlah dari banyak pos lain.
Anggaran pendapatan
Anggaran pendapatan berisi proyeksi penjualan unit dikalikan dengan harga jual yang diperkirakan.Dari semua elemen anggaran laba,anggaran pendapatan adalah yang paling penting,tapi juga merupakan elemen yang dipengaruhi oleh ketidakpastian paling besar.Tingkat ketidakpastian berbeda antarperusahaan,dan dalam perusahaan yang sama tingkat ketidakpastian adalah berbeda pada waktu yang berbeda.aAnggaran pendapatan biasanya didasarkan pada prediksi akan beberapa kondisi untuk manajer penjualan tidak dapat dianggap bertanggungjawab.
Anggaran biaya produksi dan biaya penjualan
Pada umumnya biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung dikembangkan dari volume produksi yang terkandung dalam anggaran penjualan,hal ini seringkali tidak mungkin dilakukan pada praktiknya karena rincian-rincian ini bergantung pada bauran produk aktual yang akan diproduksi.Mereka juga mengembangkan jadwal produksi untuk memastikan bahwa sumber daya yang dibutuhkan guna menghasilkan kuantitas yang dianggarkan akan tersedia.
Anggaran biaya yang dikembangkan oleh oleh manajer produksi mungkin saja tidak untuk kuantitas produk yang sama seperti ditunjukkan dalam anggaran penjualan,perbedaan tersebut menunjukkan tambahan atas atau pengurangan dari persediaan barang jadi.
Beban pemasaran
Beban pemasaran adalah beban yang dikeluarkan untuk memperoleh penjualan.Beban ini harus direncanakan jauh sebelum dimulainya tahun anggaran yang bersangkutan.
Beban logistik
Beban logistik biasanya dilaporkan secara terpisah dari beban untuk mendapatkan pasanan.Beban-beban tersebut mencakup entri pesanan,pergudangan dan pengambilan pesanan,transportasi ke konsumen dan penagihan piutang.
Beban umum dan administratif
Beban ini merupakan biaya diskresioner,walaupun beberapa komponennya merupakan biaya teknik.Pos ini juga merupakan biaya kebijakan,maka jumlah yang tepat untuk diotorisasikan sering diperdebatkan.


Beban penelitian dan pengembangan
Anggaran penelitian dan pengembangan menggunakan salah satu dari dua pendekatan atau kombinasi dari keduanya.Pendekatan pertama,jumlah total  merupakan fokusnya,sedangkan pendekatn alternatif dengan mengagregasikan rencana pengeluaran dari setiap proyek yang disetujui,ditambah cadangan untuk pekerjaan yang mungkin akan dilaksanakan walaupun saat ini belum teridentifikasi.
Pajak penghasilan
Beberapa perusahaan tidak mempertimbangkan pajak penghasilan dalam penyusunan anggaran untuk unit bisnis,dikarenakan kebijakana pajak penghasilan ditetapkan dikantor pusat.
Anggaran-anggaran lain
Anggaran modal
Anggaran ini biasanya disusun secara terpisah dari anggaran operasi dan oleh orang yang berbeda.Selam tahun tersebut,usulan-usulan pengeluaran modal dipertimbangkan diberbagai tingkatan dalam organisasi dan beberapa diantaranya akhirnya disetujui.ini merupakan bagian dari proses perencanaan strategis.
Anggaran neraca
Secara keseluruhan anggaran neraca bukanlah alat pengendalian manajemennamun beberapa bagiannya memang bermanfaat untuk pengendalian.
Anggaran laporan arus kas
Anggaran ini menunjukkan berapa banyak uang yang dibutuhkan selama tahun tersebut yang akan dipasok oleh laba ditahan dan berapa banyak,jika ada,yang harus diperoleh dari pinjaman atau dari sumber-sumber luar lainnya.
Manajemen berdasarkan tujuan
Tujuan keuangan dimana manajer bertanggungjawab untuk mencapainya selama tahun anggaran ditetapkan dalam anggaran yang telah dijelaskan.Implisit dalam jumlah anggaran juga terdapat tujuan-tujuan tertentu yang beberapa perusahaan membuata sasarannya menjadi eksplisit.Proses tersebut disebut sebagai manajemen berdasarkan tujuan.
Proses penyusunan anggaran
·         Organisasi
Ø  Departemen anggaran
Departemen ini yang biasanya melapor kepada kontroler korporat,menagani arus informasi  dari sistem pengendalian anggaran.
Ø  komite anggaran
komte anggaran meninjau dan menyetujui atau menyesuaikan masing-masing anggaran.
·         penerbitan pedoman
langkah pertama dalam proses penyusunan anggaran adalah mengembangkan pedoman yang mengatur penyusunan anggaran.Pedoman ini dinyatakan secara implisit dalam rencana strategis dan dimodifikasi sesuai perkembangan yang terjadi semenjak disetujui.
·         Usulan awal anggaran
Menggunakan pedoman tersebut,manajer pusat tanggung jawab dan dibantu starfnya mengembangkan permintaan anggaran yang didasarkan pada tingkatan yang ada dan dimodifikasi sesuai dengan pedoman.
·         Negosiasi
Pembuat anggaran mendiskusikan ususlan anggaran dengan atasannyadimana pertimbangan yang mempengaruhi  sebaiknya merupakan perbaikan dari kinerja tahun berjalan.
·         Tinjauan dan persetujuan
Usulan anggaran di ajukan melalui beberapa tingkatan yang berjenjang dalam organisasi dan persetujuan terakhir direkomendasikan oleh komite anggaran dan menyerahkan kepada dewan direksi untuk disahkan.
·         Revisi anggaran
Revisi anggaran dilakukan jika asumsi anggaran ternyata menjadi tidak realistis.Namun dibatasi oleh keadaan dimana anggaran yang disetujui sedemikian tidak realisitisnya sehingga tidak lagi menjadi alat pengendalian manajemen yang berguna.
·         Anggaran kontinjensi
Anggaran kontinjensi mengidentifikasikan tindakan manajemen yang akan dimabil jika ada penurunan yang signifikan dalam volume penjualan dari yang telah diantisipasi.

Aspek-aspek keperilakuan
Tujuan dari sistem pengendalian manajemen adalah untuk mendorong manajer agar lebih efektif dan efisien dalam mencapai cita-cita organisasi.berikut pertimbangan motivasional dalam penyusunan anggaran:
a.       Partisispasi dalam penyusunan anggaran
b.      Tingkat kesulitan dari target anggaran
c.       Keterlibatan manajemen senior
d.      Departemen anggaran

Teknik-teknik kuantitatif
a.       Simulasi
Merupakan metode yang memebangun model dari situasi rill dan kemudian memanipulasi model ini sedemikian rupa untuk mengambil kesimpulan tentang situasi rill.
b.      Estimasi probabilitas
Tiap angka dalam anggaran adalah estimasi titik,namun beberapa penulis telah mengususlkan bahwa anggaran pada awalnya merupakan distribusi probabilitas dan bukan estimasi titik.


No comments: