Bismillahirrahmanirrahim… Assalamualaikum
Warahmatullahi Wabarakatuh…
Pada
kesempatan ini kami akan membagikan sedikit materi berupa Materi Singkat TENTANG MARKETING MIX - Definisi Pemasaran, Promosi, dan Penjualan...Semoga Bermanfaat.. Selamat membaca..
Marketing
Mix merupakan inti sistem pemasaran perusahaan. Marketing Mix adalah kombinasi
di empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti di sistem pemasaran
perusahaan yaitu produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem
distribusi. Strategi lain yang digunakan perusahaan untuk mempertahankan
konsumen dengan peningkatab di segi kepuasan konsumen, kualitas produk,
pertahanan merk, penetapan harga hingga kebijakan pemasaran yang mengarah pada
keputusan pembelian konsumen.
Dengan
strategi marketing mix diharapkan dapat meningkatkan loyalitas sehingga
mempengaruhi keputusan pembelian, sedangkan untuk menarik minat konsumen agar
membeli, perusahaan menggunakan alat promosi untuk memperkenalkan produknya
kepada konsumen agar konsumen tertarik untuk membeli produk. Kegiatan promosi
yang dijalankan dengan baik akan membantu perusahaan untuk dapat menguasai
pasar di suatu produk tertentu yang pada akhirnya dapat meningkatkan volume
penjualan. Penjualan tidak dapat terlaksana sesuai apa yang diharapkan jika tidak
dilakukan komunikasi secara persuasif baik secara langsung maupun tidak
langsung.
Menurut
American Society for Quality Control, kualitas adalah “the totality of features
and characteristics of a product or service that bears on its ability to
satisfy given needs”, artinya keseluruhan ciri dan karakter-karakter dari
sebuah produk atau jasa yang menunjukkan kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan
yang tersirat. Definisi ini merupakan pengertian kualitas yang berpusat pada
konsumen sehingga dapat dikatakan bahwa seorang penjual telah memberikan
kualitas bila produk atau pelayanan penjual telah memenuhi atau melebihi
harapan konsumen. Kualitas produk merupakan pemahaman bahwa produk yang
ditawarkan oleh penjual mempunyai nilai jual lebih yang tidak dimiliki oleh
produk pesaing.
Pasar
sebagai konsumen akan selalu memberikan penilaian terhadap produk yang
dibutuhkan baik dengan harga dengan kualitasnya, maupun manfaat yang diambilnya
dalam pembelian produk itu besar kecilnya dicerminkan dalam permintaan para konsumen
tersebut. Jika permintaan konsumen lemah, maka harga ditetapkan lebih rendah.
Di kuat dan lemahnya permintaan konsumen akan suatu produk yang didasarkan pada
penetapan harga jual, maka hal ini banyak dijadikan alasan para ahli bahwa
sebaiknya ditetapkan berdasarkan permintaan para konsumen.
Kadang
orang mempunyai pengertian yang salah tentang penjualan yang dianggap sama
dengan istilah pemasaran. Padahal kedua istilah tersebut mempunyai ruang
lingkup yang berbeda. Pemasaran meliputi kegiatan yang luas, sedangkan
penjualan hanyalah merupakan salah satu kegiatan saja dalam pemasaran. Seperti
yang dijelaskan dalam pemasaran oleh Phillip Kotler bahwa proses pemasaran itu
dimulai sejak sebelum juga tidak berakhir dengan adanya penjualan. Hal yang
paling penting bagi pengusaha yang menginginkan usahanya dapat berjalan terus
ialah pengusaha harus mampu memberikan kepuasan kepada konsumen dan memberikan
jaminan yang lebih baik atas barang dan jasa yang dapat dilakukan setelah
penjualan.
Penelitian
ini dilakukan di perusahaan CV. Kharisma yang merupakan salah satu perusahaan
yang ada didaerah Sukoharjo. Perusahaan Meubel CV. Kharisma bergerak dalam
bidang pembuatan meubel. Sejak tahun berdiri hingga krisis ekonomi perusahaan
Meubel CV. Kharisma mengalami perkembangan yang pesat hal itu dapat ditunjukkan
dengan adanya kenaikan volume penjualan perusahaan pada akhir-akhir ini
dibanding tahun sebelumnya.
No comments:
Post a Comment