Wednesday 23 September 2020

Contoh RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Satu Lembar (Pembelajaran dari Rumah Status Waspada Covid-19) Mapel Bahasa Inggris

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(Pembelajaran dari Rumah Status Waspada Covid-19)

 

Satuan Pendidikan       : SMK Negeri Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris Kelas/Semester             : XI/ 1 (Gasal) Tahun Pelajaran          : 2020/2021

Materi Pokok                : Menganalisis fungsi social, struktur teks dan unsure kebahasaan pada teks biografi tokoh sesuai dengan konteks penggunaannya.

Alokasi Waktu             : 6 JP (2x Pertemuan)

 

1.       Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

Mengidentifikasi ungkapan yang lazim digunakan dalam teks biografi tokoh sesuai dengan konteks penggunaannya

Memahami struktur teks dari a teks biografi tokoh sesuai dengan konteks penggunaannya Memahami unsur kebahasaan teks biografi tokoh sesuai dengan konteks penggunaannya Menganalisis unsur-unsur teks biografi tokoh sesuai dengan konteks penggunaannya

Membaca teks biografi tokoh sesuai dengan konteks penggunaannya dan memahami vocabulary

Menyusun dan menulis teks biografi tokoh sesuai dengan konteks penggunaannya

Mempresentasikan hasil menulis teks biografi tokoh pada media yang di sediakan

 

 

2.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

 

2.1   Alat dan Bahan

2.1.1 Alat

v  Laptop

v  HP Android

v  Worksheet atau lembar kerja (siswa)

v  Google Form, Google Doc, Lembar penilaian

v  Web blog

v  You tube 

 

2.1.2 Bahan

 

v   Google Classroom  

v   Whatsapp App

v      https://smknkuduenglishclub.blogspot.com/2020/07/a-biography-of-jokowi.html

v      https://docs.google.com/forms/d/1knBM0Ad6hthC9I1d9dKNcXh_LrwZdB4CJhL6nAqM2W0/prefill

v      https://www.youtube.com/watch?v=0IZ9kwJmz7Y&t=876s

2.1.3 Pertanyaan

v     Siswa telah menyiapkan pertanyaan-pertanyaan tertentu setelah mempelajari materi yang disiapkan

pada classwork” Google Classroom. https://docs.google.com/forms/d/1knBM0Ad6hthC9I1d9dKNcXh_LrwZdB4CJhL6nAqM2W0/prefill

 

 

2.2   Peserta didik berlatih menganalisa beberapa teks undangan resmi kemudian peserta didik menentukan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dalam beberapa teks undangan resmi yang diamati (Undangan/Invitation)

 

2.3   Peserta didik secara individu mempresentasikan hasil karya mereka masing masing berupa desain surat undangan/invitation letter dan menguploadnya pada Google Form yang telah disediakan melalui Google Classroom.

3.        Kesimpulan dan Penilaian Pembelajaran a.        Kesimpulan Pembelajaran

v   Peserta didik dibimbing oleh guru menuliskan kesimpulan materi yang telah mereka pelajari melalui https://www.youtube.com/watch?v=0IZ9kwJmz7Y&t=876s  yang dibagikan didalam Google Classroom

 

b.   Penilaian

 

https://docs.google.com/forms/d/1knBM0Ad6hthC9I1d9dKNcXh_LrwZdB4CJhL6nAqM2W0/edit#res ponses

 

 


 

Mengetahui


                                Kudu, Juli 2020


Kepala SMK Negeri                                                         Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 


No comments: