Monday 3 February 2014

MENGENAI PUSAT TANGGUNG JAWAB - Materi Mata Kuliah EKONOMI MANAJERIAL



Assalamualaikum teman-teman blog 125cc yang saya hormati....
ketemu lagi dengan saya muhammad ismail yang baru belajar menulis d blog ini....
maaf klo dalam postingan yang saya buat masih terdapat banyak kekurangan....
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pusat tanggung jawab....
Kalian pasti masih bingung kan apaan itu...???!!!

Oke langsung saja.... sub materi ini masuk ke dalam materi EKONOMI MANAJERIAL...
Dimana pusat tanggung jawab ini adalah bagian dari suatu perusahaan yang merupakan badan tersendiri...
PUSAT TANGGUNG JAWAB merupakan organisasi yang di pimpin oleh seorang manager yang bertanggung jawab terhadap aktifitas yang dilakukan. Pada hakikatnya, perusahaan merupakan sekumpulan pusat-pusat tanggung jawab, yang masing-masing yang di wakili oleh sebuah kotak dalam bagan organisasi. Pusat-pusat tanggung jawab tersebut kemudian membentuk suatu hirearki. Pada tingkatan terendah adalah pusat utntuk seksi-seksi, penggeseran kerja (workshift) dan unit organisasi kecil lainnya. Depatemen bisnis yang memiliki beberapa unit organisasi yang lebih kecil, menduduki posisi yang lebih tinggi dalam hirearki. Dari sudut pandang manager senior dan dewan direksi, perusahaan secara keseluruhan merupakan pusat tanggung jawab, meskipun istilah ini biasanya berkenaan dengan unit-unit dalam suatu perusahaan....
PUSAT TANGGUNG JAWAB muncul guna mewujudkan satu atau lebih maksud, yang disebut dengan cita-cita. Perusahaan secara keseluruhan memiliki cita-cita dan manajemen senior menentukan sejumlah strategi untuk mencapai cita-cita tersebut.
Maka dari itu fungsi berbagai pusat tanggung jawab dalam perusahaan adalah untuk mengimplementasikan strategi tersebut. Karena setiap organisasi merupakan sekumpulan pusat tanggung jawab, maka jika setiap pusat tanggung jawab telah memenuhi tujuannya, maka cita-cita organisasi tersebut juga telah tercapai.

Sekian postingan saya pada kesempatan kali ini....
Maaf  kalau ada kekurangan yaa...
Klo ada masukan tinggalin ajjah di bagian komentar...
Assalamualaikum.... sampai jumpa.....

No comments: