Monday 3 February 2014

Materi Singkat TENTANG ASET - Pengertian, Karaktristik dan Contoh Aset



Asslamualaikum........
berjumpa lagi teman” blogger 125cc....
pada kesempatan kali ini saya akan berbagi ilmu yang saya dapatkan waktu pas kuliah akuntansi...
postingan kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang ASET...
Langsung saja....
            ASET merupakan manfaat ekonomic masa datang yang ckup pasti diperoleh atau dikuasai/dikendalikan oleh suatu entitas/perusahaan sebagai akibat transaksi atau kejadian masa lalu.
            Dari pengertian di atas dapat kita lihat kalau aset di sini adalah sesuatu yang nyata-nyata dapat digunakan dalam kegiatan memproduksi barang ataupun jasa. Nyata-nyata dapat digunakan artinya aset tersebut bisa berwujud dan juga bisa tdk berwujud.
            Pada dasarnya terdapat 3 karakteristik utama yang harus dimiliki suatu objek atau bagian dari objek agar bisa disebut suatu aset, yakni:
1.     Manfaat ekonomik masa datang yang cukup pasti.
2.    Dikuasai atau dikendalikan oleh suatu entitas/perusahaan.
3.    Timbul akibat transaksi masa lalu.
Supaya sobat lebih tahu apa itu aset... berikut nie saya kasih contoh yang sederhana saja dan mudah di pahami.... CONTOH ASET:
1.     Bangunan (berwujud)
2.    Goodwill/nama baik (tak berwujud)
3.    Kendaraan (berwujud)
4.    Merek dagang (tak bewujud)
5.    Dan lain”nya....
Mungkin itu saja dulu yang dapat saya sharing pada postingan kali ini....
maaf kalau masih ada ketidak jelasan....
jika ad pertanyaan mohon di ketik di bagian komentar.... oke.....
Salam akuntansi...
ASSALAMUALAIKUM WR.WB....

No comments: