Monday 3 February 2014

TENTANG EVALUASI PEMBELAJARAN (Definisi/pengertian/istilah) Materi Kuliah Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran



Assalamualaikum wr.wb...
kita berjumpa lagi sahabat bloger 125cc...
Oke, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi ilmu dengan kawan-kawan sekalian tentang definisi evaluasi. Mungkin kata ini sahabat sering dengar dari seseorang ataupun pernah membacanya. Tapi tahukah sahabat apa itu sebenarnya evaluasi, berikut ini pengetahuan yang saya dapatkan pada saat kuliah di UNM Makassar tentunya....
            Tahukah sahabat kalau secara etimologi (bahasa) EVALUASI berasal dari kata EVALUE, kalau di inggris dikenal dengan EVALUATION, yang dapat diartikan PENILAIAN/EVALUASI.
            Namun tahukah sahabat salah seorang ahli bernama Edwin Wandt dan Gerard W Brown menyatakan bahwa EVALUASI adalah suatu tindakan atau proses yang dilakukan untuk menentukan nilai dari sesuatu.
            Ada lagi nie sahabat seorang ahli yang bernama E. Gronlund, dia menyatakan bahwa EVALUASI adalah suatu proses yang sistematis untuk menentukan atau membuat keputusan sudah sampai dimana tujuan-tujuan yang telah tercapai.
            Kesimpulan dari pengertian diatas adalah:
·         Evaluasi merupakan kegiatan yang sistematis (teratur/tersusun).
·         Evaluasi memerlukan data yang dapat menjadi pembeda/pembanding.
·         Evaluasi selalu mengacu pada keercapaian tujuan artinya sudah sejauh mana sih dikuasai.
Mungkin cukup sampai disini saja penjelasan saya, smoga sahabat bisa mengerti dan memahami arti kata EVALUASI.... Jadi jika ada yang bertanya jadi nggak pusing deh..... dan juga sahabat bisa menentukan apakah sesuatu itu termasuk EVALUASI atau bukan dengan merujuk pada kriteria yang harusnya ada pada kegiatan EVALUASI.
Cukup sekian postingan saya pada kesempatan kali ini smoga bermanfaat......
ASSLAMUALAIKUM WR. WB..........

No comments: